Analisis Spasial Angka Kematian Ibu (AKI) dengan Rasio Bidan, serta Cakupan Persalinan oleh Tenaga Kesehatan Di Provinsi Aceh Tahun 2017

  • Nurjannah Nurjannah Program Studi Magister Kesehetan Masyarakat, Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh
  • Ima Maria Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi, Jambi
  • Rildayani Rildayani Akademi Kebidanan, Pemkab Aceh Utara
  • Etika Sari Program Studi Magister Kesehetan Masyarakat, Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh

Abstract

Latar Belakang: Kematian ibu masih menjadi permasalahan di Indonesia. Aceh sebagai salah satu provinsi di Indonesia turut menyumbang angka kematian ibu hingga sebesar 143 per 100.000 kelahiran hidup di tahun 2017. Ketersediaan sumber daya tenaga kesehatan seperti bidan diharapkan dapat menekan kematian ibu. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat hubungan dan memetakan rasio bidan dan cakupan pertolongan persalinan oleh tenaga kesehatan terhadap Angka Kematian Ibu (AKI) pada tingkat kabupaten/kota di Provinsi Aceh tahun 2017.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian survei analitik dengan menggunakan data sekunder profil kesehatan Aceh 2017. Hubungan antara variabel dependen dan independen akan dianalisis dengan menggunakan uji korelasi Pearson menggunakan software IBM SPSS versi 25. Pemetaan akan dilakukan dengan menggunakan software ArcGIS 10.7.

Hasil: Terdapat dua kabupaten dengan AKI tertinggi di Aceh, yakni Aceh Singkil dan Simeulue. Cakupan pertolongan persalinan oleh tenaga kesehatan signifikan berkorelasi negatif terhadap MMR di Aceh (r = -0.604, p = 0.03).

Kesimpulan: Pemerintah Aceh perlu melakukan evaluasi terhadap kinerja bidan dan melakukan peninjauan lebih dalam mengenai faktor risiko AKI di masing-masing kabupaten/kota untuk meningkatkan cakupan pertolongan persalinan oleh tenaga kesehatan masyarakat.

Published
2018-03-20