Tatalaksana Iridosiklitis pada Kusta

  • Febrina Yolanda rsia cinta kasih/ good doctor technology indonesia
  • Niska Alfisyahrin 2. Bagian Ilmu Penyakit Mata, Fakultas Kedokteran, Universitas iSyiah iKuala/ Rumah Sakit Zainoel Abidin, Banda Aceh
  • Fitria Salim 3. Bagian Penyakit Kulit dan Kelamin, Fakultas Kedokteran, Universitas Syiah Kuala/ Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin, Banda Aceh.
Keywords: iridosiklitis, uvea, kusta

Abstract

ridocyclitis pada penyakit kusta dapat menyebabkan perubahan pada kelopak mata akibat gangguan saraf dan otot kelopak mata, kelenjar lakrimal, kelainan pada kornea dan kerusakan iris mata. Secara klinis diagnosa kelainan kusta pada mata dapat ditegakkan berdasarkan anamnesis seperti riwayat kontak dengan penderita kusta, pemeriksaan oftalmologi dan pemeriksaan penunjang yang sesuai dengan gejala klinis. Kusta adalah penyakit menular kronis yang meskipun dapat disembuhkan, tetap menjadi masalah kesehatan yang signifikan di banyak belahan dunia. Penyakit ini memiliki gejala klinis yang polar (kusta multibasiler lepromatosa dan kusta tuberkuloid paucibacillary), serta bentuk peralihan lainnya dengan karakteristik hibrid berdasarkan keadaan klinis dan status imun pasien. Penyakit kusta menyebabkan komplikasi pada mata dan kerusakan saraf yang berujung pada kelumpuhan, kelainan bentuk, dan kecacatan yang mempengaruhi kualitas hidup penderita. Kami menyajikan kasus kusta lepromatosa dengan iridosiklitis dan kecacatan tingkat dua pada seorang pria berusia 31 tahun yang mengalami hiperpigmentasi multipel, lesi anestesi pada wajah dan lengan dengan kedua tangan berbentuk cakar dan mati rasa sejak sepuluh bulan yang lalu. Pasien mengeluh mata merah karena nyeri, nyeri tekan dan gangguan penglihatan selama satu bulan. Pemeriksaan slit skin smear untuk M. leprae dari lesi dan daun telinga menunjukkan indeks bakteriologis 3+ dan indeks morfologi 70%. Pasien dirawat dengan terapi multi-obat multi basiler selama 12 bulan dan dirujuk ke dokter mata dan fisioterapis untuk penatalaksanaan komprehensif.

Published
2021-05-24